Industry Report - Infrastruktur di Indonesia, 2019

Dear PQM'ers

Pernahkah rekan-rekan bermain game SimCity? Sebuah permainan dimana rekan-rekan diberikan sebuah wilayah untuk dibangun infrastrukturnya. Biasanya yang pertama kali diminta adalah pembangunan jalan dan kawasan tempat tinggal, seiring berkembangnya wilayah tersebut maka kita akan membutuhkan infrastruktur lainnya misalnnya pembangunan pelabuhan, bandara dan kawasan industri untuk meningkatkan perekonomian atau juga pembangunan sarana transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain sehingga dapat mendatangkan investor.

Pada dasarnya tulisan ini tidak bertujuan untuk membahas game tersebut, hanya sebagai gambaran sederhana bahwa pembangunan infrastruktur memang selalu diperlukan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan perekonomian, menarik minat investasi, memudahkan mobilitas masyarakat dan beragam tujuan lainnya. Berkaitan dengan infrastruktur, pemerintah Indonesia juga terus berupaya mempercepat pembangunannya sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 mengenai percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan pemerintah dapat fokus menjalankan programnya dan dapat memperoleh pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan program pembangunan infrastrukturnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja yang telah dilakukan pemerintah, serta tantangan dan kendala apa yang dihadapi dalam membangun infrastruktur di Indonesia, dapat rekan-rekan ketahui dari industry report edisi kali ini.


Odoo - Sample 1 for three columns

Bom Waktu Dibalik Pengembangan Jalan Tol Oleh BUMN

Salah satu strategi pemerintah dalam hal permodalan untuk pembangunan jalan tol adalah dengan merubah skema permodalan yang awalnya mengandalkan peran swasta, menjadi didominasi oleh BUMN. Disatu sisi strategi ini dinilai berhasil, tapi disisi lain strategi ini dinilai membebani BUMN. Apa penyebabnya? Dapat rekan-rekan lihat dari pembahasan di dalam industry report kali ini

Odoo - Sample 2 for three columns

Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia

Konektivitas wilayah Indonesia melalui jalur laut menjadi salah satu fokus pemerintah, karena hal ini diperkirakan menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Sejumlah proyek pembangunan pelabuhan pun telah selesai dilakukan dan proyek lainnya masuk kedalam Proyek Strategis Nasional agar dapat secepatnya terealisasi.

Bagaimana upaya pemerintah untuk menjalankan proyek pelabuhan lainnya di 2019? Hal tersebut menjadi pembahasan dalam laporan di edisi ini.

Odoo - Sample 3 for three columns

Pembangunan Infrastruktur Kereta Api di Indonesia

23 proyek infrastruktur sarana dan prasarana kereta api masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional. Adapun rencana investasi untuk proyek perkeretaapian mencapai Rp288 triliun yang terdiri dari APBN sebesar Rp 150 triliun, BUMN Rp 11 triliun dan swasta mencapai Rp 122 triliun. Bagaimana bisnis perkeretaapian di Indonesia, dan fasillitas kereta api apa saja yang baru dioperasikan? Dapat rekan-rekan lihat dari informasi yang ada didalam laporan infrastruktur ini.

Odoo - Sample 1 for three columns

Profil Perusahaan

Pada edisi kali ini, ICN membahas PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT. PII). Sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur, PT.PII membantu pemerintah dalam proyek infrastruktur dalam delapan sektor meliputi transportasi, jalan/jembatan tol, pengairan, air minum, air limbah dan persampahan, telekomunikasi dan informatika, listrik, serta transmisi distribusi minyak dan gas bumi. Bagaimana skema kerja dari PT.PII dan proyek apa saja yang dijamin? Dapat dilihat dari laporan industri pada bagian profil perusahaan.

Odoo - Sample 1 for three columns

Direktori Perusahaan

Dalam perjalanan pembangunan infrastruktur di Indonesia, banyak melibatkan berbagai perusahaan dengan spesialisasinya masing-masing. Informasi direktori perusahaan ini diharapkan dapat membantu rekan-rekan dalam mendapatkan informasi berupa company profile singkat dari perusahaan yang terkait dengan infrastruktur di Indonesia. 

Odoo image and text block

Untuk mengetahui keseuruhan konten dari laporan industri secara lebih lengkap, rekan-rekan dapat mengakses langsung ke dalam Google Drive melalui link di bawah ini.

Industry Report - Infrastruktur di Indonesia, 2019