INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS
TENTANG PROGRAM
Kualitas keberhasilan kita di dalam Organisasi tidak hanya ditentukan oleh kompetensi dan kapabilitas kita, namun terlebih juga oleh kualitas hubungan baik/relasi positif yang kita bangun dengan orang lain.
Understand your own uniqueness interpersonal skill. Sejauh mana kita mengenal kelemahan dan kekuatan diri kita dalam menjalin relasi dengan orang lain? Apakah kita menyadari secara penuh bagaimana emosi dan pikiran kita berpengaruh terhadap apa yang kita komunikasikan pada orang lain? Apakah kita juga menyadari bagaimana kepercayaan diri kita juga berdampak pada efektivitas hubungan yang kita jalin?
Understand others uniqueness interpersonal skill. Orang lain memiliki keunikan dan gaya komunikasi yang berbeda dari kita dalam menjalin hubungan. Jika kita memahami dengan baik setiap perbedaan tersebut, kita akan semakin mampu melakukan adaptasi yang diperlukan dalam upaya menjalin hubungan interpersonal yang lebih efektif.
Interpersonal means relationship, and relationship means connection. Hubungan interpersonal dengan orang lain adalah sebuah proses yang selalu dibangun dan ditabung terus menerus. Sikap komunikatif, bahasa tubuh, intonasi, pemilihan kata, energi, niat, ketulusan dan emosi. Hal-hal ini menjadi dasar yang penting dalam menjalin kualitas hubungan interpersonal yang efektif.
APA YANG AKAN ANDA DAPATKAN DARI PROGRAM INI?
Melakukan teknik mendengarkan dengan efektif di dalam interaksi baik di tempat kerja maupun di dalam keluarga.
Mengembangkan sikap dan perilaku asertif di dalam berkomunikasi dengan pelanggan maupun rekan kerja.
Melakukan manajemen konflik di tempat kerja
Melakukan komunikasi yang adaptif dengan menyesuaikan diri berdasar tipe profil orang lain.
Agenda
Hari 1
Effective Listening (1)
Kemauan dalam mendengarkan
Kehadiran dan kesadaran
Memahami sudut pandang orang lain
Effective Listening (2)
Mengingat pesan dengan efektif
Merespon dengan efektif
Mengembangkan ketrampilan mendengarkan
Assertiveness (1)
Hubungan yang diperlukan
Apresiasi diri & orang lain
Meminta untuk mendapatkan hak
Assertiveness (2)
Membangun kepercayaan diri yang sehat
Melakukan advokasi
Hari 2
Understanding others (1)
Memahami Gaya Sosial diri sendiri dan orang lain
Profil D & I
Understanding others (2)
Profil S & C
Adaptif terhadap gaya sosial orang lain
Conflict Management (1)
Gaya & strategi menghadapi konflik
Perencanaan negosiasi
Conflict Management (2)
Skill komunikasi
Intervensi pihak ketiga
TARGET PESERTA
Program ini sangat cocok untuk Manager/ pemimpin madya/ middle management/ supervisor/ staf, baik untuk perusahaan jasa maupun non jasa.
Login / Register to comment.