[ONLINE TRAINING] EMPLOYEE OPINION SURVEY OCT 2022
Deskripsi Program
§ “Perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat di berbagai sektor bisnis, memunculkan tatanan ekonomi baru, perubahan nilai, dan gaya hidup. Agar dapat bertahan, perusahaan dituntut untuk selalu inovatif dan berkinerja tinggi. Kunci keberhasilan tersebut terletak pada sumber daya manusia yang bermotivasi dan berkinerja tinggi.
§ Namun kadang kita tidak menyadari, hanya sebagian anggota organisasi yang benar-benar memiliki motivasi dan energi yang tinggi untuk membuat organisasi maju dan berkembang. Hal ini ditunjukkan dari studi yang dilakukan oleh Gallup selama 20 tahun terakhir bahwa hanya sebesar 31% karyawan yang benar-benar engaged.
§ Perilaku karyawan yang tidak puas / engaged, akan nampak dari kinerja yang tidak berkualitas, produktifitas rendah, hingga terburuknya adalah memunculkan negative word of mouth dari customer yang kecewa sehingga merugikan perusahaan. Namun sebaliknya perilaku karyawan yang puas / engaged akan tercermin di dalam bekerja. Perilaku karyawan tersebut adalah memunculkan banyak ide baru terhadap produk/layanan, tingkat produktifitas tinggi, membangun hubungan baik dengan customer, merekomendasikan perusahaan sebagai tempat bekerja bagi karyawan baru hingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.
§ Fakta di atas telah membuka mata para Pimpinan perusahaan untuk mulai mendengarkan suara karyawan. Pimpinan perusahaan mulai mendengarkan kebutuhan, keinginan, persepsi/pendapat karyawan terhadap hal-hal yang memotivasi dan mempengaruhi kepuasan kerja, tingkat engagement, dan kualitas kinerja dengan melakukan Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey). Survei ini merupakan deteksi dini terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dan dapat membantu karyawan untuk memberikan masukan dalam menyusun kebijakan perusahaan.
Sasaran Program
● Memahami jenis-jenis dan manfaat survei karyawan
● Memahami langkah-langkah dalam melakukan survei opini karyawan (PDCA-IDA)
● Mampu mendesain survei opini karyawan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan
● Mampu menganalisa hasil survey dengan teknik statistik yang sesuai
● Mampu memanfaatkan data hasil survei opini karyawan dan merekomendasikan tindakan perbaikan untuk mendorong peningkatan motivasi dan kinerja karyawan
Garis Besar Program
● Pengaruh kepuasan karyawan terhadap peningkatan kinerja organisasi
● Survei Karyawan: Definisi, Latar Belakang, Jenis, dan Manfaat
● Langkah Survei Opini Karyawan dengan kerangka PDCA - IDA:
○ Pooling : Menentukan sasaran survei opini karyawan dan menggalang komitmen
○ Developing : Mengembangkan alat ukur survey yang valid dan reliable
○ Communicating : Mengkomunikasikan / sosialisasi survei
○ Administering : Menentukan target/sample responden, metode, dan pelaksanaan survei
○ Interpreting : Input, analisis, dan interpretasi data
○ Delivering : Mempresentasikan hasil survei kepada Manajemen
○ Action Planning : Menyusun rencana perbaikan, melaksanakan, dan mereview efektifitas perbaikan
Target Peserta
Direktur, Manajer, Manajer HRD, Manajer Training, Jajaran Management lainnya
Login / Register to comment.