[ONLINE TRAINING] EMPLOYEE OPINION SURVEY OCT 2022


Deskripsi Program

§    “Perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat di berbagai sektor bisnis, memunculkan tatanan ekonomi baru, perubahan nilai, dan gaya hidup. Agar dapat bertahan, perusahaan dituntut untuk selalu inovatif dan berkinerja tinggi. Kunci keberhasilan tersebut terletak pada sumber daya manusia yang bermotivasi dan berkinerja tinggi.

§    Namun kadang kita tidak menyadari, hanya sebagian anggota organisasi yang benar-benar memiliki motivasi dan energi yang tinggi untuk membuat organisasi maju dan berkembang. Hal ini ditunjukkan dari studi yang dilakukan oleh Gallup selama 20 tahun terakhir bahwa hanya sebesar 31% karyawan yang benar-benar engaged.

§    Perilaku karyawan yang tidak puas / engaged, akan nampak dari  kinerja yang tidak berkualitas, produktifitas rendah, hingga terburuknya adalah memunculkan negative word of mouth dari customer yang kecewa sehingga merugikan perusahaan. Namun sebaliknya perilaku karyawan yang puas / engaged akan tercermin di dalam bekerja. Perilaku karyawan tersebut adalah memunculkan banyak ide baru terhadap produk/layanan, tingkat produktifitas tinggi, membangun hubungan baik dengan customer, merekomendasikan perusahaan sebagai tempat bekerja bagi karyawan baru hingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

§    Fakta di atas telah membuka mata para Pimpinan perusahaan untuk mulai mendengarkan suara karyawan. Pimpinan perusahaan mulai mendengarkan kebutuhan, keinginan, persepsi/pendapat karyawan terhadap hal-hal yang memotivasi dan mempengaruhi kepuasan kerja, tingkat engagement, dan kualitas kinerja dengan melakukan Survei Opini Karyawan (Employee Opinion Survey). Survei ini merupakan deteksi dini terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dan dapat membantu karyawan untuk memberikan masukan dalam menyusun kebijakan perusahaan.

Sasaran Program

       Memahami jenis-jenis dan manfaat survei karyawan

       Memahami langkah-langkah dalam melakukan survei opini karyawan (PDCA-IDA)

       Mampu mendesain survei opini karyawan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan

       Mampu menganalisa hasil survey dengan teknik statistik yang sesuai

       Mampu memanfaatkan data hasil survei opini karyawan dan merekomendasikan tindakan  perbaikan untuk mendorong peningkatan motivasi dan kinerja karyawan

Garis Besar Program

       Pengaruh kepuasan karyawan terhadap peningkatan kinerja organisasi

       Survei Karyawan: Definisi, Latar Belakang, Jenis, dan Manfaat

       Langkah Survei Opini Karyawan dengan kerangka PDCA - IDA:

       Pooling                         : Menentukan sasaran survei opini karyawan dan menggalang komitmen

       Developing                   : Mengembangkan alat ukur survey yang valid dan reliable

       Communicating            : Mengkomunikasikan / sosialisasi survei

       Administering               : Menentukan target/sample responden, metode, dan pelaksanaan survei

       Interpreting                   : Input, analisis, dan interpretasi data

       Delivering                     : Mempresentasikan hasil survei kepada Manajemen

       Action Planning            : Menyusun rencana perbaikan, melaksanakan, dan mereview efektifitas perbaikan

          Target Peserta

          Direktur, Manajer, Manajer HRD, Manajer Training, Jajaran Management lainnya

Event start in
Register Now

Schedule

03 Oct 2022 to 04 Oct 2022
09:00 to 16:00

Download

Here is attachment(s) for you.

Employee Opinion Survey

Location

Subscribe to Our Newsletter

Login / Register to comment.