(OFFLINE TRAINING) SHOPFLOOR LEADERSHIP
Tahukah Anda? 80% permasalahan perusahaan ada di tingkatan shopfloor! Shopfloor adalah area dimana barang atau jasa dibuat, dan komunikasi paling banyak dilakukan. Itulah sebabnya tingkat shopfloor dianggap pula sebagai refleksi dari kondisi manajemen. Namun, seringkali banyak permasalahan terjadi di tingkat shopfloor. Antara lain adanya perbedaan generasi antara manajemen dengan karyawan di level ini yang merupakan fresh graduate maupun baru bekerja beberapa tahun. Begitu juga dengan perbedaan kepribadian individu di dalam team, lini waktu proses pekerjaan yang rutin maupun mendadak, serta tuntutan untuk mencapai target dalam waktu dan sumber daya yang terbatas.
Pemimpin tahap shopfloor ini perlu untuk dapat memahami dirinya sendiri dan anggota team, menganalisa dan mengatasi masalah di area kerja, serta berupaya meningkatkan performa team secara umum. Dari penjelasan diatas, seorang shopfloor leader memegang peran penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan khususnya menghasilkan nilai tambah sebesar-besarnya di tempat kerja, memberikan kualitas yang terbaik melalui pelayanan tercepat dan biaya termurah. Seorang Shopfloor Leader memegang peran kunci untuk mewujudkannya.
Pelatihan Effective Shopfloor Leadership akan menambah pengetahuan dan ketrampilan pribadi dan juga cara untuk menerapkan pengetahuan tersebut sehingga mendapatkan kontribusi manfaat yang nyata bagi perbaikan usaha seperti peningkatan kualitas, produktifitas, kapasitas kerja, lingkungan kerja, kerja sama team. Setelah pelatihan ini, diharapkan seorang Shopfloor Leader mampu menterjemahkan kebijakan top Manajemen melalui strategy inisiatif dan aksi nyata sehingga laba perusahaan meningkat.
SASARAN PELATIHAN
Setelah mengikuti Training Shopfloor Leadership diharapkan peserta dapat
Memahami definisi dan cakupan area shopfloor leader
Memahami level kepemimpinan
Memahami tantangan & peran yang dihadapi shopfloor leader
Mampu memahami kelebihan dan kekurangan diri
Mampu memahami personality diri dan orang lain
Mampu memetakan kemampuan tim member sesuai jobdesk dan rencana pengembangannya
Mampu memberikan delegasi dengan jelas dan dapat diterima dengan baik oleh tim member
Mampu menerapkan langkah-langkah active listening
Mampu memberikan feedback secara objektif dan terbuka dan meningkatkan performa tim member
Mampu mengatasi permasalahan komunikasi akibat perbedaan generasi
Memahami Leader Standard Work sebagai standard pekerjaan leader dan tools reminder pekerjaan
Membuat Leader Standard work secara detail; Durasi pekerjaan,Keterangan pekerjaan Harian, Mingguan dan Bulanan serta issue yang muncul/ perlu di follow up
Memahami konsep dasar time management
Memahami waktu berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kegentingan
Memahami konsep DMS
Memahami fungsi dan manfaat DMS
Memahami kunci sukses pelaksanaan DMS
Mengetahui cara dan tahapan sistematis dalam problem solving
Mampu mengidentifikasi pemborosan
Mampu melakukan analisa dari masalah yang ditemui
METODE PELATIHAN
Pelatihan dan konsultansi ini akan dibawakan dengan metode :
1.Pemaparan materi
2.Diskusi interaktif
3.Simulasi
4.Studi kasus
AGENDA
AGENDA HARI KE. 1
KONSEP DASAR SHOPFLOOR LEADERSHIP
MANAGING PEOPLE – Memahami diri sendiri & orang lain
MANAGING PEOPLE – Mengembangkan orang lain
MANAGING PEOPLE – Komunikasi efektif
AGENDA HARI KE. 2
MANAGING TASK – Pengaturan pekerjaan
MANAGING TASK – Pelaporan efektif
MANAGING TASK – Penguasaan area kerja
MANAGING IMPROVEMENT
TARGET PESERTA
Group Leader, Foreman, Shift Leader
Login / Register to comment.