(ONLINE TRAINING) Certified Lean Six Sigma Green Belt
Banyak organisasi melakukan pendekatan manajemen untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja, namun seringkali hasilnya tidak cukup secara signifikan dirasakan oleh Top Management dalam peningkatan bisnisnya. Konsep Lean Six Sigma terbukti telah menghasilkan banyak kegiatan improvement pada proses kerja dan sumber daya manusia yang berdampak pada keuntungan finansial yang signifikan bagi perusahaan.
Lean adalah suatu pendekatan manajemen untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan value bagi customer. Six Sigma adalah suatu sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas proses dan produk/jasa yang berfokus untuk mengeliminasi defect (cacat produk / kesalahan pada proses). Six Sigma juga dapat mengurangi variasi proses dan hasil kerja dengan menggunakan metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve & Control). Kombinasi dari kedua pendekatan sistem manajemen ini berupa Lean Six Sigma, yang efektif untuk menyelesaikan masalah pemborosan dan meningkatkan kualitas proses kerja secara signifikan yang pada akhirnya dapat menaikkan indeks kepuasan pelanggan.
Melalui workshop ini, Anda akan memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisa dan membuat solusi high impact project improvement dengan metode Lean Six Sigma, serta berkesempatan mendapatkan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt.
Sasaran Program
Memahami konsep dasar Lean Six Sigma, Sasaran dan Manfaat
Memahami peran Green Belt di perusahaan yang menjalankan Six Sigma
Memahami metode dan kriteria memilih Project Lean Six Sigma
Memahami konsep dan metode pemecahan masalah dan improvement dengan Define, Measure, Analyze, Improve & Control (DMAIC) Cycle
Mampu melakukan analisa masalah dengan Lean Six Sigma statistical tools
Mampu memimpin dan memfasilitasi Project Lean Six Sigma
Agenda Pelatihan
Hari 1
Konsep Lean dan Six sigma
Lean Six sigma history
Benefit Lean Six sigma
Lean six sigma infrastructure
DMAIC methodology
Define phase :
1. Identify Project Improvement
2. Define High level process map : SIPOC (Supplier – Input – Process - Output)
3. Measurable customer requirement : CTQ (Critical to Quality)
4. Project Improvement Management
5. Develop Project Charter
Hari 2
Measure phase:
1. Data Collection Plan
2. MSA (Measurement System Analysis)
3. Graphical Data Analysis
4. Process Performance Measurement Continuous Data: Capability Process dan Capability Index
5. Process Performance Measurement Discrete Data: DPU, DPO, DPMO
6. Sigma Value
Hari 3
Analyze phase:
1. List of all X’s factor
2. Process value analysis
3. Cause and effects analysis: fishbone diagram
4. Prioritize vital few X’s
5. Root Cause Verification
Hari 4
Analyze phase (continue):
1. Konsep Hypothesis test
2. Hypothesis test Continuous data (One sample T-test, Two samples T-test, Paired T-test, Anova )
3. Hypothesis test Discrete data (One sample proportion test, Two samples proportion test, Chi Square test)
Improvement phase:
1. Solution selection
2. Improvement plan
3. Implementation result
Hari 5
Control phase::
1. Control Chart : Variable Control Chart and Attribute Control Chart
2. Project evaluation and Project benefit
3. Sustain the solution: Standardization & Monitoring
4. Project Closure
Metode Program
Interactive lecture
Discussion
Study case
Q&A
Interactive Quiz
Keunggulan Pelatihan Kami
Pelatihan berharga selama 5 hari
Terdapat studi kasus untuk memberikan gambaran penerapan teori ke dalam praktek di perusahaan
Membantu lebih dari 200 orang mendapatkan sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt nasional maupun internasional
70% Practical. Banyak exercise menarik untuk menunjang penyampaian materi
Pelatihan disampaikan oleh trainer yang bersertifikasi internasional
TARGET PESERTA
Manajer, pimpinan dan staf yang berkepentingan dengan penerapan Sistem Manajemen, Business Process improvement, Manajemen Operasi di manufacturing, mining, service, dan berbagai industri lainnya.
PENDAFTARAN 4 ORANG GRATIS 1 ORANG
untuk topik yang sama
PENDAFTARAN 10 ORANG GRATIS 3 ORANG
bisa kombinasi berbagai topik
Login / Register to comment.